6 Penyebab Overheat Pada Serta Solusinya

Berita, Otomatif407 Views

tikitaka- Overheat menjadi momok yang paling menakutkan bagi pengendra. Terlebih lagi Overheat menunjukan adanya malfungsi pada sistem pendingin pada mesin kendaraan, yang menyebabkan tidak stabilnya suhu pada mesin. Pada artikel ini kita akan membahas pengertian Overheat, penyebab umum, ciri-ciri serta solusinya. (Solusi Overheat Pada Mobil)

Overheat Mobil foto: Istimewa

Apa Itu Overhead

Overheat pada kendaraan bermotor adalah dimana kondisi suhu pada mesin meningkat drastis melewati batas normal. Beberapa mesin dirancang untuk beroperasi dengan optimal pada suhu tertentu, oleh karena itu apa dipaksa beroperasi pada suhu yang tidak wajar dapat menyebabkan kerusakan pada beberapa komponen mesin.

Penyebab Overheat

Meski dapat berakibat fatal, nyatanya tetap saja sebagain orangtetap tidak memperhatikan pemicu yang dapat menyebabkan overheat. berikut adalah beberapa faktor yang dimaksud.

1. Kipas Radiator Rusak

Salah satu penyebab utama mesin kendaraan mengalami overheat adalah akibat sistem pendingin yang tidak bekerja secara normal akibat kipas radiator yang bermasalah.

2. Kebocoran Radiator

Selain kipas radiator yang bermasalah, penyebab lain dari overheat adalahterjadi kebocoran radiator. Hal ini biasanya dipicu oleh tingginya kadar oksigen serta adanya korosi di dalam radiator.3. Penggunaan Oli Palsu atau Oli Dengan Kualitas Buruk

Penggunaan oli dengan kualitas buruk dapat menyebabkan tingginya suhu pada mesin kendaraan karena oli tidak mampu melumasi komponen mesin dengan baik sehingga menyebabkan gesekan yang ditimbulkan begitu besar.

4. Thermostat Rusak

Thermostat berfungsi sebagai pengukur suhu mesin, Jika Thermostat mengalami malfungsi maka akan terjadi penghambatan coolant sehingga dapat dipastikan suhu mesin akan susah turun dan akhirnya mesin mengalami overheat.

 Ciri-Ciri Overheat

Ciri-ciri Overheat bisa dikenali dengan beberapa tanda seperti berikut ini: 

  1. Adanya aroma asing di dalam kabin
  2. Penurunan performa mesin
  3. Adanya asap dari dalam kap mesin
  4. Indikator Multi Information Display menunjukkan suhu yang meningkat.
Christiano Ronaldo Dicoret Sementara Dari Timnas Portugal.
Spesifikasi dan Harga Daihatsu Terios Face Lift 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *