Gejala Timing Belt Mobil Minta Diganti

Berita, Otomatif432 Views

tikitaka- Hingga saat ini beberapa jenis mobil masih menggunakan timing belt sebagai penggerak mekanis noken as pada mesin. Kali ini kita akan membahas gejala timing belt mobil yang sudah getas dan minta diganti.

I;ustrasi timing belt mobil Foto: Mivecblog.com

Pada umumnya, timing belt terbuat dari bahan karet sintetis yang dirancang khusus agar kuat menahan putaran mesin dan harus elastis tentunya. Selain terbuat dari bahan karet sintetis dengan rancangan khusus timing belt mempunyai gerigi khusus agar tetap berada pada jalur pulley.

Karena terus menerus bekerja memutar mesin maka secara otomatis akan lebih cepat mengalami keausan serta kerusakan. Berikut adalah beberapa gejala yang mengindikasikan timing belt harus segera diganti.

  1. Terasa Sudah Getas 
    Karena terbuat dari karet, apabila terus menerus berada pada suhu yang cukup tinggi maka lama-kelamaan akan kehilangan keelastisannya dan rentan putus.
  2. Terlihat Kendur
    Selain terasa sudah getas, salah satu faktor yang menandakan timing belt sudah harus diganti adalah mulai kendur. 
  3. Terlihat Menipis
    Baik atau buruknya kualitas karet timing belt bisa diidentifikasi melalui ketebalannya. Apabila tidak mengalami keausan maka dapat dipastikan masih baik pun sebaliknya, jika sudah menipis maka sudah waktunya diganti.
  4. Adanya Keretakan
    Keretakan pada timing belt menunjukan kemampuannya dalam menggerakkan camshaft dan crankshaft sudah tidak optimal lagi .
Italia vs Ekuador Gli Azzurri menang dengan skor 2-0.
6 Penyebab Overheat Pada Serta Solusinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *